Sunday, January 10, 2010

Jadi anak sekolahan lagi!

Maafkan saya tidak bisa aktif sebagai blogger yang baik. Sibuk banget dengan kerja sambil kuliah. Atau kuliah sambil kerja. Semester ini, seminggu tiga kali drive bogor Jakarta dengan mobil tua. Jakarta-Darmaga IPB, kampus yang cukup luas, bikin nyasar beberapa kali. Alhamdulilah mobil tua ku ini syukurnya tidak pernah macet karena selalu disayang, pergi ke bengkel rutin. Cuma ya, memang tidak bisa ngebut. Ke Dermaga rata-rata 1-1,5 jam. Kampus IPB adalah kampus yang asri, walaupun tidak seasri kampus di luar negeri. Selain luas di bukit Dermaga, kampus ini masih banyak pohon, jalannya berkelok-kelok, seminggu aku masuk kampus ini, masih nyasar -nyasar kemana mana. Syukurlah ketemu jalan alternatif IPB lewat Belakang, tembus ke CIFOR lalu ke arah Kompleks Yasmin dan Bablas ke Sentul (Jalur Bogor-Sentul) yang baru resmi sebulan yang lalu.

Amat jauh memang,tapi lumayan dekat kalau aku harus meninggalkan Anak anak ke Luar Negeri. Beberapa professor sudah kuhubungi, misalnya Prof Richard Foltz di Concordia, Canada dan Prof Michael Northcot yang menunggu kedatanganku di Edinburgh,UK. Tapi mesti realistis lah, sebab anak anak juga harus sekolah.

Alhamdulillah beberapa waktu lalu, aku diterima di IPB untuk menlanjutkan doktoral. Hanya ingin mengejar Mimpi dan memenuhi kapasitas untuk belajar lagi.

Dua bulan, sejak tahun lalu, masih ditambah kesibukan baru, menjadi panitia untuk persiapan konferensi Muslim Association for Climate Change Action (MACCA) di Bogor. Organisasi payung untuk implementasi M7YAP yang kemarin dibuat di Kuwait, dan di deklarsikan di Istanbul. Tidak mudah memang mengorganisir konferensi besar tanpa dana memadai. MACCA menjadi organisasi idealis yang hanya bermodal jaringan sesama muslim dan perlu perjuangan untuk menyakinkan bahwa program ini sangat menarik dan harus didukung.

Kuncinya tentunya memang keyakinan, bahwa kalau ada kemauan, pasti ada jalan. Apalagi ini aksi lingkungan untuk dunia Muslim, jadi ada unsur perjuangannya juga (saya tak berani ini bilang jihad) tapi pasti ada pengorbanan disini.

Saya berharap banget MACCA dapat menjadi tonggak aksi kawan-kawan dunia muslim untuk memperbaiki lingkungan di negara negara Muslim.

Rencananya dalam Acara 1-2 Maret ini, kegiatan ini juga akan mendeklarasikan Bogor Sebagai salah satu Muslim Green City disamping Madinah Saudi Arabia.

No comments: