Thursday, December 23, 2010

Amanah 1 Hektar Adopsi Pohon


Saya merasa terharu di dalam hati, ketika hari ini, setelah berupaya bertahun lamanya untuk memulai program kecil bersama IFEES kemudian terwujud. Betapa kecilnya upaya yang dilakukan, tetapi berapa besarnya effort yang dikorbankan untuk menanam sebatang pohon. Dari Jakarta, London, Birmingham, Jakarta, Sukabumi. wah! jarak perjalanan di Jakarta -Sukabumi pun ditempuh tiga jam.

Syukurlah, Hari ini terwujud jualah sudah penanaman pohon yang semula kami gagas: saya dan Fazlun Khalid, dalam sebuah perbincangan kecil di sebuah lobi hotel di kawasan Kemang pertengahan tahun 2008. Waktu itu saya melemparkan gagasan, bagaimana kalau Madrasah di Inggris (bersama murid-muridnya) mengadopsi pohon untuk menanam di Indonesia.

Tepat November 6, 2009. Gayung bersambut, ternyata madrasah Inggris belum tergarap, tetapi komunitas Muslim UK yang banyak itu dikumpulkan untuk diadakan fund raising dengan tambahan Greening Indonesian Charity Dinner (Makan malamnya benar-benar masakan Indonesia). Terselenggaralah pertemuan itu di Toynbee Hall London.

lihat: Charity dinner yang meriah.

Tantangannya bukan kumpul saja, tapi uangnya tidak kumpul untuk satu hektar, sehingga kita tunggu cukup lama untuk mengumpulkan dana peny demi peni, sen demi sen dan pon demi pon, terkumpul jualah satu hektar penanaman.

lihat: JUST GIVING ifees.

Alhamdulillah, sesuai dengan cita-cita dan mimpi, hari ini penanaman itu terwujud bersama santri di Pondok Pesantren Husnayain 2, Kabandungan Sukabumi. Ratusan santri hadir dan ujian yang seyogyanya terus ada hari ini, diliburkan oleh Pak Kiyai Cholil Ridhwan, demi penanaman ini.

Saya membacakan sambutan Mr Fazlun Khalid yang dikirimya dengan penuh rasa syukur dengan narasi yang singkat didepan ratusan santri dan ustadz, kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan rekan-rekan dari Gedepahala dan Conservation International. Berikut ini pidato Fazlun Khalid:

Sambutan Mr Fazlun Khalid, IFEES

When Allah says in Surah Ar Rahman "Wn najmu wassajaru yasjudan" he tells us that the plants and the trees do sujud to him in the totality of their existence. Just by doing this the trees play a part in giving us the oxygen we breathe lock the carbon dioxide in themselves, lock the soil and prevent erosion and mud slides, provide us with fruits we could eat, provide shelter for birds and other wild life and much, much more.

Husnayain is now playing a leading role in trying to save the forests of Indonesia and setting a wonderful example that should be repeated not only in this country but all over the world. I ask Allah to give this initiative every success and make it possible for us to increase the support we are already giving it.

Fazlun Khalid

Founder IFEES

Ketika Allah berfirman dalam Surah Ar Rahman "Wan najmu wasajaru yasjudaan" IA mengatakan kepada kita bahwa tanaman dan pohon-pohon melakukan sujud kepadan Nya dalam totalitas keberadaan mereka. Hanya dengan melakukan hal ini pohon-pohon berperan dalam memberikan kita oksigen yang kita hirup mengunci karbon dioksida dalam diri mereka, kunci tanah dan mencegah slide erosi dan lumpur, memberikan kita dengan buah-buahan kita bisa makan, memberikan tempat tinggal untuk burung dan kehidupan liar lainnya dan banyak, banyak lagi.

Husnayain sekarang memainkan peran utama dalam berusaha menyelamatkan hutan Indonesia dan menetapkan contoh yang indah yang harus di
tiru tidak hanya di negeri ini namun di seluruh dunia. Saya berdoa semoga Allah untuk memberikan inisiatif ini menjadi keberhasilan dan memungkinkan bagi kita untuk meningkatkan dukungan pada apa yang sudah kami berikan.
Fazlun Khalid
Pendiri IFEES

Sekali lagi rasya syukur saya pada kegiatan mulia ini semoga menjadi amal ibadah yang berguna!
tabik...

No comments: