Monday, August 01, 2011

Guru, Kepala Sekolah dan Perubahan Iklim


Maarif Institute, menurut pengamatan saya mengambil gagasan yang tepat dalam memberdayakan sekolah-sekolah Muhammadiyah untuk ikut melestarikan Alam dan merespons terhadap perubahan iklim. Untuk itulah mereka membuatkan modul "Islam Peduli Lingkungan" yang kemudian diluncurkan untuk pertama kali sekaligus dibagikan untuk peserta.
Modul seperti ini untuk pertama kalinya dibuat merangkum pemikiran yang agak komprehensip dan praktis tentang Islamic Ethic for the Environtment and Nature Conservation, atau juga disebut dengan Islamic Environmentalism.


Selain pengayaan pada segi Islamic Ethic, buku ini juga meramu tentang kearifan lokal dalam pelestarian alam unsur kekinian terkait lingkungan misalnya tentang pelestarian keanekaragaman hayati dan perubahan iklim.

Kegiatan pelatihan diadakan dengan tajuk: "Training Penguatan Kapasitas Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik Mata Pelajaran Agama dalam Merespon Pemanasan Global dan Perubahan Iklim" diadakan di dua Tempat yaitu di Bandung dan Cirebon--tanggal 22 -24 dan 29-31 Agustus 2011--yang melibatkan guru dan kepala sekolah SMA maupun sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah yang ada di Jawa Barat: Garut, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Indramayu, Tasikmalaya, Kuningan dll. Peserta pelatihan, menurut pihak Maarif adalah mereka yang lulus seleksi setelah mengirimkan jawaban atas pertanyaan yang dikirimkan dalam undangan pada sirkulasi pengumuman pertama kegiatan.


Adapun buku ini tertulis secara bersama: Saya, Ustadz Asep Hilman dan Ustadz Agus dengan Editor Muhammad Abdullah Darraz. Buku ini bermaksud menjadi pelengkap dari kekurangan dan dengan jelas (pada sampulnya) hanya merupakan suplemen tambahan bagi pelajaran tentang lingkungan yang telah ada dan berkembang di Jawa Barat. Paling penting lagi bahwa pelatihan ini ternyata mampu menunjukkan dan menyadarkan kembali bahwa Islam memang memberikan penekakan yang jelas akan keharusan melestarikan lingkungan dan keharusan untuk kita segera bertindak dalam upaya menanggulangi perubahan iklim dan pemanasan global.

tabik!



Berita Terkait:

Foto-foto dapat dilihat di website Maarif Institute: www.maarifinstitute.org

TOR tentang Pelatihan Islam Peduli Lingkungan

Lihat Wawancara BBC London Tentang Daai dan Pemberantasan Illegal Logging dan Gerakan Penanaman Pohon

No comments: