Wednesday, April 19, 2006

My Profile



Fachruddin M Mangunjaya
fmangunjaya@yahoo.com





Environmentalist and Independent consultant.Lecturer at Universitas Nasional, Fellow The Climate Project Presenter. Graduated with a bachelor’s degree from the Faculty of Biology at the National University (UNAS) in Jakarta, and master degree in conservation biology at the University of Indonesia, and PhDfrom Post Graduate Program Environmental Management and Natural Resouces (PSL), Bogor Agricultural University. He is very interested in bringing religion to bear to help conservation goals. One leading eco-activist in the Muslim world and elected as one of four Muslim Eco-Warrior. A member of the Forum on Religion and Ecology and International Society for the Study of Religion Nature and Culture (ISSRNC), environmental journalist and columnist. Treasurer Yayasan Orangutan Indonesia (Yayorin). Adisory and Founder of Borneo Lestari Foundation, Central Kalimantan. He also serves as executive editor of Conservation International Indonesia’s TROPIKA Indonesia Magazine. Editor and Author of several books: Konservasi Alam Dalam Islam -Nature Conservation in Islam (YOI, 2005), Hidup Harmonis Dengan Alam (Living Harmoniously with Nature), -YOI 2006, Menanam Sebelum Kiamat (co Editor), -(YOI 2007), Editor Fiqh al Biah (Fikih Lingkungan), (INFORM 2005) Bertahan Di Bumi: Gaya Hidup Menghadapi Perubahan Iklim (YOI 2008) and several children books: Keluarga Gajah, Orangutan Pesta Buah Durian dan Kancil Millenium. Khazanah Alam: Menggali Tradisi Islam untuk Konservasi (YOI 2009), Islam Peduli Lingkungan, Suplemen Modul untuk SMK/SMK/Aliyah, ditulis bersama Agus Rahmah, Asep Hilman Yahya dan M Abdullah Darrasz (Ed)(Ma'arif Institute Jakarta). He has authored more than 200 articles for popular science on environment and conservation in the national Indonesia media.


Media coverage:
Features, Cerita Perjalanan:

PROJECT:


LECTURES:


PUBLICATIONS:

  • Books
  • Journal
  • Popular articles
  • Paper
  • Presentation  check here
VIDEO CHANNEL



3 comments:

Anonymous said...

Perkenalkan nama saya Gogoh Sulaksono, saya berkecimpung dalam dunia tanaman dimana saya bekerja sebagai seorang yang mempunyai mimpi bagaimana lingkungan yang baik dihasilkan dari tanaman yang baik. Dan hal itu korelasinya sangat tinggi dan bisa bersinergi dengan upaya pembelajaran tentang lingkungan melalui media dan bentuk informasi apa saja.
Saya bekerja disebuah perusahaan swasta yang bergerak dibidang pengembangan tanaman Bambu Tropis, dimana tanaman bambu ini kami produksi dan dihasilkan dengan teknologi kultur jaringan. Teknologi ini mampu memperbanyak tanama dan juga menghasilkan tanaman dalam jumlah yang besar. Sehingga ada mimpi ke depan bahwa 'Mari Hijaukan Bumi dengan Bambu'.

Menarik membaca tulisan Mas Fachruddin, sejauh ini fokus kelingkungan ya mas.
Dan pandangan-pandangan agama mengenai lingkungan sangatlah menolong dalam pendidikan dan sosialisasi bgm menjaga lingkungan itu sendiri kepada umat.

Thanks bgt buat infonya,...

Zainal Muttaqien said...

Assalamu 'alaikum wr. wb.
Nama saya zainal muttaqien dan saya kebetulan seorang guru madrasah yg tengah kuliah S2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan mendapat tugas penelitian kecil2an mengenai tema "pendekatan ekologi dalam studi islam" dan "implementasi kesadaran ekologis dalam pembelajaran di madrasah". Jika bapak memiliki bahan berupa file PDF atau link artikel2 yg berkaitan dengan itu mohon kiranya dishare atau jika tdk berkeberatan dapat kiranya bapak berkenan mengirimkannya via email. Alamat email saya : muttaqien@ymail.com. Alamat blog saya : http://izaskia.wordpress.com. Atas perhatian dan kesediaan bapak diucapkan terimakasih.. Wassalamu 'alaikum wr. wb.

fachruddin mangunjaya said...

waalaikum salam,
Pak Zainal, di blog ini link Islam dan Ekologi ada beberapa bahan, juga anda bisa browsing link yang ada disebelahnya.

terima kasih atas perhatiannya.

wassalam
fachruddin